Pengaruh aplikasi Quizizz PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5829Keywords:
aplikasi Quizizz, minat belajar, siswaAbstract
Responding to the challenges of digital-based learning during the Covid-19 pandemic, research on the effect of the Quizizz application on student interest in learning needs to be carried out in order to obtain research results that can provide new directions for the use of learning media in education. The research uses correlational quantitative research methods with the data collection process using questionnaires. Based on the data obtained, the value of Sig < Research Alpha (0.000 < 0.05) means that the hypothesis is accepted. The hypothesis is accepted if the significance value is less than 0.05, it means that the X variable has an effect on the Y variable. If the significance value is more than 0.05, it means that the X variable has no effect on the Y variable. The results of the linearity regression test are R Square 0.721. So that means that the Quizizz application has an influence of 72.1% on student interest in learning and 27.9% is influenced by other factors outside the X variable.Abstrak
Menjawab tantangan pembelajaran berbasis digital pada masa pandemi Covid-19, penelitian mengenai pengaruh aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa perlu dilakukan guna memperoleh hasil penelitian yang dapat memberikan arah pandang baru terhadap penggunaan media pembelajaran di bidang pendidikan. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan proses pengambilan data menggunakan kuisioner. Berdasarkan data yang diperoleh, Nilai Sig < Alpha Penelitian (0.000 < 0.05) artinya hipotesis diterima. Hipotesis diterima apabila nilai signifikansi kurang dari 0,05 artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Jika nilai signifikansi lebih dari 0,05 artinya variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y. Hasil uji regresi linearitas didapati R Square 0.721. Sehingga artinya aplikasi Quizizz memiliki pengaruh sebesar 72,1% terhadap minat belajar siswa dan 27,9 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel X.
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
'Amanah, S. A. N., Iwan, C. D., & Selamet. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI. Jurnal Bestari, 17(1), 117–132.
Angmalisang, H. Y. (2013). Pengaruh Minat Pada Lagu Bahasa Inggris Terhadap Kemahiran Mendengarkan Siswa Di Sma Kristen Irene Manado. SSRN Electronic Journal, 1(2), 17.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33
Aziz, K. (2019). Pengaruh Pemeringkatan Terhadap Mental Siswa. https://doi.org/10.31227/osf.io/8gs6d
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran, Al-Tadzkiyyah: , Vol. 7, (2016), h. 177. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(45), 177.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.
Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2015). Pengembangan Media Cerita Bergambar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 14(1), 1–17.
Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817
Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070
Halimah, L. (2021). Musik Dalam Pembelajaran. 19(2), 305–308.
Harahap, S. R. (2020). Konseling: Kebiasaan belajar siswa dimasa pendemi covid-19. Jurnal pendidikan dan konseling, 10(1), 30–35.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Haryati, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Ipa Kelas V Min 1 Kota Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Herdiana. (2013). Novitasari, Dwi Umi. Hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas pada anggota pencak silat: Study pada PSHT dan IKS PI Kera Sakti Bojonegoro. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! To Improve Student Learning Outcomes]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866
Juliana. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Minat Belajar Fiqih Siswa Kelas Iv. Dalam Repository.Ar-Raniry.Ac.Id.
La'ali Nur Aida, Dewi Maryam, Fia Fabiola, dll. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-44.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nico Suryanto, R. (2015). Dampak Positif Dan Negatif Permainan Game Online Dikalangan Pelajar. Metrologia, 53(5), 1–116.
Nugraha, M. S., Supriadi, U., & Anwar, S. (2014). Pembelajaran PAI Berbasis Media Digital (Studi Deskriptip Terhadap Pembelajaran PAI Di SMA Alfa Centauri Bandung).
Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474
Nurhidayah, B. N. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Akuntansi Secara Online Dimasa Pandemi Covid 19 (Vol. 3, Nomor 2017). Universitas Pendidikan Indonesia.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Ratnasari, A. (2017). Hubungan Media Pembelajaran Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rosita, R., & Buchori muslim, A. (2019). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSFEKTIF ISLAM DAN BARAT (Studi Pustaka Tentang Teori PAUD). journal AL-MUDARRIS, 2(2), 146. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i2.264
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 57–64. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Tafqihan, Z. (2011). KARAKTERISTIK DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM E-LEARNING. Kependidikan dan Kemasyarakatan, Ù£.
Thangeda, A., Baratiseng, B., & Mompati, T. (2016). Education for sustainability: Quality education is a necessity in modern day. How far do the educational institutions facilitate quality education? Journal of Education and Practice, 7(2), 9–17.
Tim Pengembang, U. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (hlm. 311).
Ulhusna, M., Dewimarni, S., & Rismaini, L. (2021). Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis DIgital pada Masa Pandemi. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 156–165.
Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Artikel, 1(1), 1–14.
Wardani, D. A. (t.t.). Analisis Lagu Anak Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 Sdn 2 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pena Sd, 04(01), 9–19.
Zulkarnain, F., Firdaos, R., & Sada, H. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Qur'an Hadist Dengan Magic Disc Tajwid. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 265–274. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5848