PEMBERATAN SANKSI HUKUMAN KEPADA PELAKU YANG MELIBATKAN ANAK-ANAK DALAM PERKARA JARIMAH KHAMAR

Authors

  • Nandani Zahara Mahfuzah UIN Sumatera Utara Medan
  • Mhd Yadi Harahap UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.32832/yustisi.v11i3.17894

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang peraturan pidana penjual khamar dan maisir dengan melibatkan anak-anak persfektif kuhp dan hukum pidana islam (Studi Analisis Putusan Mahkamah Syar‘iyah Meulaboh Nomor 11/JN/2017/MS-Mbo). Dalam konteks penjualan khamar yang melibatkan anak-anak, Putusan Mahkamah Syar’iyah Meulaboh Nomor 11/JN/2017/MS-Mbo menunjukkan kesadaran Mahkamah akan pentingnya memberikan perlindungan hukum kepada anak-anak sebagai kelompok rentan dalam masyarakat. Qanun Aceh No. 6 Tahun 2014 mengenai Hukum Jinayat dan Qanun Aceh No. 7 Tahun 2013 mengenai Hukum Acara Jinayat, yang digunakan sebagai acuan hukum, sedangkan pada periode sebelumnya, hukumannya mengacu pada Qanun Aceh No. 13 Tahun 2003 tentang Maisir. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan analisis dokumen untuk menyelidiki Putusan Mahkamah Syar’iyah Meulaboh Nomor 11/JN/2017/MS-Mbo dan Qanun Aceh No. 13 Tahun 2003 tentang Maisir tentang penjualan khamar dan maisir yang melibatkan anak-anak.

Kata Kunci : Khamar, Maisir, Anak-Anak, Hukum Pidana Islam

References

Agusti, Netta,. & Fauzi Yati. (2021). Halal Serupa Haram: Analisis Praktek Jual Beli Air Nira yang Difermentasikan, 6(2), 75-89.

Ajizah, Lia Nurlia. (2022), Legalitas Investasi Miras Perspektif Al-Qur’an (Aplikasi Teori Tafsir Maqasid Qshfi ‘Asyur Abu Zaid), Skripsi, Jakarta: Fak. Ushuluddin dan Dakwah Institut Ilmu Al-Qur’an.

Al-Raghib, Al-‘Allamah al-Ashfahani. (1997). Mufaradat alfadz al-Qur’an. Dimasq: Dar al-Qalam.

Arisiana, Thias., & Eka Prasetiawati, Wawasan al-Qur’an tentang Klhamr Menurut AlQurthubi dalam Tafsir al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, 4(2), 244-258.

Aziz Arifin, Pelajaran dari Pencabutan Perpres Investasi Miras, dikutip dari laman:

Chairyunnisa. & Andi Prastowo. (2022). Sejarah pengharaman Hukum Khamar dalam

Cindy Mutia Annur, 10 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak Dunia 2023,

Devira Prastiwi, 5 Tanggapan Pro Kontra Soal Perpres Investasi Miras yang Baru

Diteken Jokowi, dikutip dari laman:

Faiqoh, Ulfiah Nur. (2021). Pemikiran Syekh Ali Jum’ah tentang Fatwa Jual Beli Khamr di Negara Non Muslim, 13(2), 177-199.

Harefa, Safaruddin., (2020). Juridicic Review on Punishment for Hard Drinkers (Khamr) by Positive Criminal Law and Islamic Criminal Law, 4(2), 37-48 https://doi.org/10.18592/jils.v4i2.4217.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/19/10-negara-denganpopulasi-muslim-terbanyak-dunia-2023-indonesia-memimpin; Diakses pada 12 Januari 2024.

https://news.detik.com/kolom/d-5478193/pelajaran-dari-pencabutan-perpresinvestasi-miras; Diakses pada 12 Januari 2024.

https://www.liputan6.com/news/read/4495167/5-tanggapan-pro-kontra-soalperpres-investasi-miras-yang-baru-diteken-jokowi?page=2; Diakses pada 12 Januari 2024.

Huda, Ikhsanul. (2023). Pengaturan Pidana Penjual Khamar yang Melibatkan Anakanak persfektif KUHP dan Hukum Pidana Islam (studi analisis putusan Mahkamah Syar’iyah Meulaboh Nomor 11/JN/2017/MS-Mbo), Skripsi, Jakarta: Fak. Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah.

Huda. N, Ghafur. J., & Ridho. A. (2015). Urgensi Pengaturan Peredaran Minuman Beralkohol di Daerah Istimewa Yogyakarta, 22(22), 76-96.

Indonesia Memimpin!., dikutip dari laman:

Iriansyah. (2017). Penegakan Hukum Jinayat Terhadap Khamar sebelum dan Pasca pemberlakuan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 di Kabupaten Aceh Tamiang,

Islam Melalui Pendekatan Historis, 2(2), 1-12

Mahmud, Hamidullah. (2020). Hukum Khamar dalam Perspektif Islam, 1(1), 29-47.

Malik, Arif Jamaluddin. (2013). Sejarah Sosial Hukum Peminum Khamar, 3(1), 43-56.

Qardawhi, Yusuf. (2007). Halal Haram dalam Islam. Surakarta: Era Intermedia.

Rahmawati, A. D. (2019). Pendidikan Islam Kreatif Era Industri 4.0 Perspektif Abuddin Nata. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 12–13.

Rezi, Muhammad. (2021). Kalimat al-Khamr fi Al-Qur’an: Dirasat Tafsiriyyat Lughawiyyah fi Ta’rifiha wa Tankiria, 5(2), 220-246.

Rovira, P., & Rehm, J. (2021). Estimation of cancers caused by light to moderate alcohol consumption in the European Union. European Journal of Public Health, 31(3), 591–596. https://doi.org/10.1093/eurpub/ckaa236

Sabiq, Sayyid. (2006). Fiqh Sunnah. Jakarta: Pena Pundi Aksara.

Sebyar, M. H. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Permohonan Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Panyabungan. Syari’ah: Journal of Indonesian‎ Comparative of Syari’ah Law, 5(1), 1–14.

Shihab, Quraish. (2011). Membumikan Al-Qur’an Jilid 2. Jakarta: Lentera Hati, 2011.

Sri Retno Ningrum, Legalisasi Perpres Investasi Miras: Malapetaka Bagi Umat, dikutip dari laman: https://www.wacana-edukasi.com/legalisasi-perpres-investasimiras-malapetaka-bagi-umat/; Diakses pada 12 Januari 2024.

Syaifullah. (2014). Etika Jual Beli dalam Islam, 11(2), 372-388.

Ulya, Zaki. a(2016), Dinamika Penerapan Hukum Jinayat sebagai Wujud Rekonststruksi Syariat Islam di Aceh, 5(1), 135-148.

Usup, Djamil. (2013). Hukum Jual Beli dengan Barang-Barang Terlarang, 11(1), 1-9.

Widiansyah, Predi. (2019). Tindak Pidana Minuman Keras (Khamar) dalam Perspektif Hukum Pidana Positif dan Hukum Pidana Islam, Skripsi (Magelang: Fak. Hukum Universitas Muhammadiyah).

Winarno. (2018). Status Hukum Khamar dalam Perspektif Fiqh, 3(1), 1-25.

Zanuba, Yenanda Putri. (2023). Hadits tentang Larangan Khamar dan Kontekstualisasinya Era Sekarang (Studi Ma’anil Hadis), Skripsi, Yogyakarta: Fak. Ushuluddin dan Pemikiran Islam.

Zurohman, Ahmad,. & Eka Rahayu. (2019). Jual Beli Online dalam Perspektif Islam, 5(1), 22-32.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Nandani Zahara Mahfuzah, & Mhd Yadi Harahap. (2024). PEMBERATAN SANKSI HUKUMAN KEPADA PELAKU YANG MELIBATKAN ANAK-ANAK DALAM PERKARA JARIMAH KHAMAR. YUSTISI, 11(3), 270–282. https://doi.org/10.32832/yustisi.v11i3.17894

Issue

Section

Artikel