Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3555Keywords:
Unsur Engineering, Pembelajaran, STEAMAbstract
Unsur Engineering pada kegiatan Pembelajaran STEAM belum diterapkan di TK IP Assalam, hal ini terjadi karena Pendidik belum mengetahui kegiatan Pembelajaran STEAM. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk menganalisis Rancangan Unsur Engineering pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Subtema Kendaraan Darat untuk Anak Usia Dini. Alasan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis setiap unsur yang terdapat pada STEAM, sehingga Pembelajaran STEAM dapat dilaksanakan secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research dengan mengunakan tahap penelitian menurut McKenney & Reeves, yaitu: 1) Tahap Analisis dan Eksplorasi dan 2) Tahap Desain dan Konstruksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di TK IP Assalaam belum menggunakan model Pembelajaran STEAM, dikarenakan pendidik belum mengetahui kegiatan Pembelajaran STEAM, sehingga peneliti merancang kegiatan Pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini. Rancangan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan mengandung unsur Engineering dan relevan dengan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian yang sesuai dengan kurikulum 2013. Analisis kelayakan pada Unsur Engineering dalam Pembelajaran STEAM Subtema Kendaraan Darat untuk Anak Usia Dini, layak diujicobakan karena kegiatan Pembelajaran yang dirancang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran STEAM yaitu Ask, Imange, Try, Try Again dan sesuai dengan langkah-langkah Engineering Design Process yaitu Ask, Image, Plan, Try, dan Try Again. Adapun Aspek yang dikembangkan dari Unsur Engineering yaitu Kognitif, Bahasa dan Fisik Motorik.References
Creswell, John. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan
Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cunningham, Christine M. (2018). Engineering in Elementary STEM Education Curriculum
Design, Instruction, Learning, and Assessment. New York: Teachers College Press.
Hadinugrahaningsih, T dkk. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM. Jakarta Timur :
LPPM Universitas Negeri Jakarta
Kim, S & Youngjun Lee. (2016). The Analysis on Research Trends in Programming based
STEAM Education in Korea, 9(24).
Krakower, B & Meredith. (2019). Getting Started with STEAM. New York and London:
Routledge
Lidinillah, D. A. M. dkk. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran STEM (Science,
Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Mendukung Penerapan
Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia.
Limbong, I. dkk (2019). Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Steam (Science,
Technology, Eingeneering, Art, Mathematic).
Lottero, Pamela. dkk. (2016). Engineering Encounters An Engineering Design Process For
Early Childhood. Science and Children.
Munawar, M. dkk (2019). Implementation of Steam (Science Technology Engineering Art
Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning in Semarang City. Jurnal
Ceria, 2(5).
Nurjanah, N.E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts untuk meningkatkan
Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi
PAUD,1.
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. In Prosiding
SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3.
Analisis Unsur Engineering pada Pengembangan Pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini
JPG: Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 1, No. 4, Oktober, 2020 225
Perignat, E. & Katz-Buonincontro, J. (2018). STEAM in Practice and Research: An
Integrative Literature Review. Thinking Skills and Creativity.
Puspitasari, Enda. (2012). Penyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Educhild,
(1).
Rahmah, Nur. (2015). Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran PAUD K13. [Online].
Diakses dari https;//www.paud.id/2015/04/Menyusun-rencana-kegiatanpembelajaran-paud-k13.html
Selly, P, B. (2017). Teaching STEM Outdoors Activities for Young Children. Amerika:
Redleaf Press
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed
Methods). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Winarni, E., Zubaidah, S., & Koes, S., H. (2016). STEM : apa, mengapa, dan bagaimana. Pros.
Semnas Pend.IPA Pascasarjana UM , 1, 976-984.
Yakman, G (2012). Exploring the Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical
Educational Framework for Korea, 32(6).
Quigley, C. F. dkk. (2017). Developing a conceptual model of STEAM teaching practices.
School Science and Mathematics, 117(1-2), 1–12.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics):
Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.