Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pengembangan Media Domino Melalui Model Addie Dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15640Kata Kunci:
MMedia Domino, ADDIE, PAI.Abstrak
Permainan kartu domino adalah permainan yang sudah banyak dikenal namun memiliki konotasi negatif, namun pengembangan dan perancangan kartu domino dalam dunia pendidikan menjadi salah satu inovasi dalam mengupayakan keefektifan proses pembelajaran. Salah satu metode pengembangan yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model ADDIE dengan Langkah-langkah sebagai berikut: analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Begitu juga dengan metode yang digunakan pada penelitian kali ini menggunakan model ADDIE. Penelitian bertempat di MTs Al-Furqon Cicalengka Kabupaten Bandung dengan sampel berjumlah 22 orang yang berasal dari kelas VIII A. teknik analisis data menggunakan 5 tahapan yakni: Analysis, Design, Development, Implementation dan evaluation. Adapun sumber data didapatkan melalui studi dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil dari pada penelitian ini adalah media pembelajaran kartu domino dengan model ADDIE dapat meningkatkan nilai siswa.Kata kunci:
Referensi
Adawiyah, A. Robiah, & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224
Dahwadin, & Nugraha, F. S. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. CV. Mangku Bumi Media.
Gideon, A., Lestari, N. T., Bano, V. O., & Sari, M. N. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Pradina Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Pendidikan/k9nUEAA AQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+addie&pg=PA38&printsec=frontcover
Harijanto. (2022). Nubuat Domino (1st ed.). Media Nusa Creative.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). https://kbbi.web.id/budaya
Manasikana, O. A., & Nikmaturofidah, F. (2022). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Materi Suhu dan Perubahannya. Gravitasi, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v5i02.6659
Mulyawan, N. rajeg. (2021). Komparasi Keterampilan Berfikir Kritis Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) dan Metode Pembelajaran Konvensional Siswa di SMA Negeri 8 Denpasar. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31857/s013116462104007x
Nitami, N., Nazliati, & Sari, R. (2023). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Langsa: Pengembangan Media Likurdin Melalui Model ADDiE. JSPM, 4(2). https://doi.org/10.29103/jspm.v%vi%i.11859
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam meningkatkan Hasil Belajar. “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.” https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Rahmat. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bening Pustaka.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D
Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.11
Widiyatun, F., Sumarni, R. A., & Kumala, A. (2020). Pengembangan dan Validasi Kartu Domino Besan (Besaran dan Satuan). Seminar Nasional Sains. https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4019
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (pertama). Kencana
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mulyawan Saftwandy Nugraha, Siti Rochmah Dirgantini, Ujang Dedih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.