Pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i4.16811Kata Kunci:
Media pembelajaran, Motivasi belajar, Pembelajaran interaktif, Penyajian pembelajaranAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar siswa sekolah dasar melalui pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrument wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Tringulasi metode digunakan untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa Sekolah Dasar. Strategi pembelajaran interaktif diterapkan pada tiga komponen, yaitu penyajian materi pembelajaran yang mampu membangun pola interaksi antara guru, siswa, dan bahan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran yang menstimulasi aktivitas dan kreativitas siswa, serta media dan sumber belajar yang mampu menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Kata kunci: motivasi belajar; pembelajaran interaktif; media pembelajaran; penyajian pembelajaran
Referensi
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.
Aqib, Z. & Amrullah, A. (2019). Manajemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Creswell, J.W. (2009). Research Design. United Kingdom: SAGE Publications.
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, B.S. & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatuhurrohman, P., & Sutikno, M S. (2013). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.
Hadi, A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Hartanti, D. (2019). “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia”. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Klaten, 21 September.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2012). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Raztiani, H. & Permana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(3).
Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. & Budimanjaya, A. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W.(2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saptomo, W.L.Y. (2018). Ragam Media Interaktif dalam Pembelajaran. Semarang: BP-UNISBANK).
Sedarmayanti. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 66-72.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syaikhudin, A. (2013). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 313.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Baharuddin, Lailatul Fitriah Eka Putri; Rosulinawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.