PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS METAVERSE PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • arief fajar kampus
  • Zainal Abidin Arief
  • Sigit Wibowo

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan modul digital berbasis metaverse. Penelitian ini juga menguraikan secara rinci proses pengembangan, kelayakan produk, dan efektivitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang menggabungkan model Borg and Gall dan model Dick and Carrey. Dalam pengujian kelayakan, produk dinilai oleh tiga ahli, yaitu ahli desain pembelajaran, ahli media, dan ahli materi. Hasil evaluasi ahli desain instruksional menunjukkan nilai 97,33%, ahli media sebesar 97,33%, dan ahli materi sebesar 96,00%, semuanya masuk dalam kategori sangat layak. Selanjutnya, uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test pada mata pelajaran Pembelajaran IPS antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing dengan jumlah sampel sebanyak 20. Pada kelompok eksperimen, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan modul digital berbasis metaverse, sedangkan kelompok kontrol menggunakan sumber belajar konvensional. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,79, yang berarti bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel pada tingkat signifikansi 5%. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul digital berbasis metaverse memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Pembelajaran IPS di Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

fajar, arief, Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS METAVERSE PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 121–129. Retrieved from http://150.107.142.43/index.php/TEK/article/view/14773