DEVELOPMENT OF GAME TYPE MULTIMEDIA IN CLASS X BIOLOGY SUBJECT AT SMAN 1 CIKANDE

DEVELOPMENT OF GAME TYPE MULTIMEDIA IN CLASS X BIOLOGY SUBJECT AT SMAN 1 CIKANDE

Authors

  • Ahmad Sabiq Al Uyun a:1:{s:5:"en_US";s:133:"Teknologi Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Jkt Km 4 Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42124";}
  • Sholeh Hidayat
  • Cucu Atikah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMAN 1 Cikande, yaitu Pembelajaran yang dilakukan berpusat pada guru (Teacher centered), belum pernah melakukan praktikum, serta kurangnya pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Permasalahan tersebut peneliti menentukan tujuan yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah, kelayakan, efektivitas dan respon siswa terhadap multimedia interaktif permainan interaktif pada mata pelajaran Biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and development) dengan model 3-D yang telah dimodifikasi yaitu define, design dan development. Metode penelitian R&D bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu multimedia bertipe permainan interaktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes (pre- & post-test), dan angket, Hasil validasi uji ahli materi mendapatkan skor 74% dengan kriteria Layak, uji ahli media mendapatkan skor 88% dengan kriteria sangat layak, uji produk oleh guru biologi mendapatkan skor 75,2% dengan kriteria Layak, serta pada uji respon siswa mendapatkan skor 87% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji efektivitas produk dengan menggunakan tes (pre- & post-test) memperoleh nilai 0,7 dengan kategori sedang, jika dipresentasekan sebesar 70% dengan kriteria efektif. Produk yang dikembangkan oleh peneliti mendapatkan kriteria layak, serta uji efektivitas produk mendapatkan kriteria efektif.

Kata Kunci : R&D model 3-D, multimedia interaktif, dan efektivitas produk

 

Abstract

This research is motivated by the results of observations at SMAN 1 Cikande, namely teacher-centered learning, never having practicum, and interactive and interesting learning resources and learning media. Based on problems, the researcher determines the objective, describe and analyze the stages, the feasibility, the effectiveness and the responses of the students to interactive multimedia interactive games on the subjects of biology. The research method used R&D with a modified 3D model, definition, design and development. The objective of the R&D research method to produce a product, interactive game-style multimedia. Data collection techniques were carried out using observation, tests, and questionnaires. The validation results of the material expert test scored 74% with the Eligible criteria, the media expert test got a score 88% with the very feasible criteria, the product test by the biology teacher got a score 75.2% with the Eligible criteria, and in the student response test got a score 87% with very good criteria. The results of the effectiveness tests of the product (pre- and post-test) obtained a value 0.7 in the moderate and presented at 70% with effective criteria. The products developed by the researchers get the appropriate criteria, and the product effectiveness test gets the criteria for effectiveness.

Keywords: 3D-based R&D, interactive multimedia, and effectiveness product

Published

2023-12-18

How to Cite

Al Uyun, A. S., Hidayat, S., & Atikah, C. (2023). DEVELOPMENT OF GAME TYPE MULTIMEDIA IN CLASS X BIOLOGY SUBJECT AT SMAN 1 CIKANDE: DEVELOPMENT OF GAME TYPE MULTIMEDIA IN CLASS X BIOLOGY SUBJECT AT SMAN 1 CIKANDE. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 161–175. Retrieved from http://150.107.142.43/index.php/TEK/article/view/15877