ANALISIS KEGUNAAN APLIKASI BLENDER DALAM PEMANFAATANNYA BAGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D VISUAL HURUF HIJAIYYAH TERHADAP RESPON SISWA PENGAJIAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.13789Keywords:
Blender, Huruf Hijaiyyah, Media Pembelajaran, Interaktif 3D, Respon Visual, Guru, Siswa, PengajianAbstract
Penggunaan aplikasi Blender dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah di Madrasah Pengajian menjadi suatu alternatif yang menjanjikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kegunaan aplikasi Blender dalam pemanfaatannya bagi guru untuk pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah untuk mengembangkan respon visual siswa Pengajian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini melibatkan 10 guru pengajar dan 4 orang siswa di Madrasah Pengajian di Bogor. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi Blender sangat berguna dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah. Aplikasi ini dapat memudahkan guru dalam membuat animasi 3D yang menarik dan interaktif, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengembangkan respon visual mereka.
References
Abdullah, F., & Kurniawan, Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif 3D menggunakan blender untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Informatika, 6(2), 63-71.
Ambarwati, R., & Pratiwi, R. (2020). Penerapan media pembelajaran animasi 3D blender dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 112-123.
Azhar, M., & Hamidah, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi 3D menggunakan blender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 13(1), 13-21.
Dwiastuti, R., Mawaddah, D., & Hartono, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif 3D dengan blender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 22-29.
Rahayu, E. S., & Bambang, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis blender pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 113-122.
Suhendar, E., & Putra, A. R. (2020). Penerapan media pembelajaran interaktif 3D menggunakan blender pada pembelajaran sistem pernapasan manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 43-51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tohir Solehudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.