PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS IBADAH SHALAT SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7339Kata Kunci:
game online, ibadah, siswaAbstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap aktivitas ibadah shalat siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Pada penelitian yang menjadi sampel adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bojonggede kabupaten Bogor. Pada pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakkan teknik purposive sampling. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan Teknik analisis regresi sederhana menggunakkan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan data hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan arah positif dan signifikan antara game online dengan aktivitas ibadah siswa. Adanya pengaruh yang signifikan dapat dilihat pada nilai F hitung > F tabel yakni 13.965 > 3.966 dengan sig= 0.000 (sig< 0.05), yang artinya dapat dikatakan variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.
Referensi
Adywinata, J. M. (2013). Pengaruh Game Terhadap Tingkah Laku Siswa. https://www.academia.edu/10468586/dampak_game_online
Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia APJII (2017).
Darmawan, A., Muhyani, & Asmahasanah, S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Guru Dengan Penyalahgunaan Media Sosial Di Man 1 Kota Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan Online. Vol. 3, (11).
Darwis, M. (2020). Dampak Dari Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Usia 15–18 Tahun Di Kelurahan Kayuombun. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2).
Gus, Arifin. (2009). Sudah Benarkah Shalat Kita?. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Haris, A., Anggraini, D. C., & Mardiana, D. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Ketaatan Beribadah Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 98.
Melis. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kepribadian Mahasiswa STEBIS IGM Palembang. Jurnal Ilmu Syariah, FAI Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor. Vol. 4, (2).
Pitaloka, A. A. (2013). Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen Tahun, 2013. Jurnal Ilmiah Pend. Sos.
Putri, Sundari. (2019). "Hubungan Antara Aktivitas Bermain Game Online Dengan Kebugaran Fisik Pada Remaja Smp Di Kota Denpasar”. Jurnal Medika Udayana. Vol. 8, (7).
Shoky Eandra, O. (2019). Social Interaction With Online Game Addicts Student Of Unri In Sub-District Tuah Karya District Of Tampan Pekanbaru City. In JOM FISIP. Vol. 6.
Suryani dan Hendriyani. (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: KENCANA. Cet. I.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.