Pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar

Authors

  • Baharuddin Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Lailatul Fitriah Eka Putri Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Rosulinawati Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i4.16811

Keywords:

Media pembelajaran, Motivasi belajar, Pembelajaran interaktif, Penyajian pembelajaran

Abstract

The aim of this research is to analyze increasing elementary school students' learning motivation through interactive learning. The research method used is descriptive qualitative. Research data collection techniques use interview instruments, observation and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The triangulation method is used to check the validity of the data. The research results show that interactive learning can increase elementary school students' learning motivation. The interactive learning strategy is applied to three components, namely the presentation of learning materials that are able to build interaction patterns between teachers, students and learning materials, the selection of learning methods that stimulate student activity and creativity, and learning media and resources that are able to attract students' attention to participate in learning.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar siswa sekolah dasar melalui pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Triangulasi metode digunakan untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa Sekolah Dasar. Strategi pembelajaran interaktif diterapkan pada tiga komponen, yaitu penyajian materi pembelajaran yang mampu membangun pola interaksi antara guru, siswa, dan bahan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran yang menstimulasi aktivitas dan kreativitas siswa, serta media dan sumber belajar yang mampu menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran.

References

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.

Aqib, Z. & Amrullah, A. (2019). Manajemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Creswell, J.W. (2009). Research Design. United Kingdom: SAGE Publications.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, B.S. & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatuhurrohman, P., & Sutikno, M S. (2013). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.

Hadi, A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Hartanti, D. (2019). “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia”. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Klaten, 21 September.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.

Raztiani, H. & Permana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(3).

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. & Budimanjaya, A. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W.(2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saptomo, W.L.Y. (2018). Ragam Media Interaktif dalam Pembelajaran. Semarang: BP-UNISBANK).

Sedarmayanti. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 66-72.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syaikhudin, A. (2013). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 313.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Baharuddin, Putri, L. F. E., & Rosulinawati. (2024). Pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(4), 418–424. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i4.16811

Issue

Section

Articles